Translate

Apakah Harus Lari Saat Kehujanan?

Mana yang lebih baik, berlari atau berjalan saat kita kehujanan dan tidak membawa pelindung hujan? Diantara kita kebanyakan berlari saat kehujanan, mungkin kita merasa harus menghindar dari hujan karena tentunya akan membasahi sekujur tubuh kita. 

Akan tetapi menurut konsep fisika ternyata lebih baik berjalan dibanding berlari saat hujan, bagaimana konsep fisika dapat menjelaskannya? Berikut penjelasannya


Curah hujan atau total volume air hujan yang mengenai tubuh kita akan lebih banyak ketika kita berlari dibandingkan kalau kita berjalan saat kehujanan. Perhatikan gambar:

 
Jika kita terus menambah kelajuan ketika hujan, maka tingkat kebasahan akan semakin bertambah. Jika kita membuat grafik antara tingkat kebasahan dengan kelajuan adalah sebagai berikut: 


Note: Berlaku untuk curah hujan yang konstan

Dengan konsep ini bukan berarti anda disarankan untuk berjalan saat kehujanan tanpa pelindung hujan, karena faktor tingkat kebasahan tidak hanya bergantung dari kelajuan, tapi banyak faktor lain yang mempengaruhinya seperti adanya angin, genangan air dijalan, dsb

Selamat belajar, Never Give Up!
Share this article :
 

+ komentar + 1 komentar

10 September 2014 pukul 00.33

pada akhirnya kita tetap basah... :D

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Belajar Fisika Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger