Translate

Apa ya manfaat petir???

Petir adalah berpindahnya elektron melalui media udara, baik antara awan dengan awan atau awan dengan bumi. Petir terjadi bila ada perbedaan potensial listrik 1000 Volt per meter antara awan dengan yang didekatnya, baik itu awan atau permukaan bumi. Jika terdapat Objek di antaranya, maka objek tersebut dengan kehendak-Nya dipastikan tersambar petir. Suara petir yang menggelegar dihasilkan dari pemuaian udara yang cepat, sehingga udara tersentak menimbulkan suara gemuruh. Sedangkan kilatan cahayanya berasal dari pembuangan elektron yang menyebabkan adanya perpindahan arus listrik.

Bahaya petir bukanlah terletak pada suaranya yang menggelegar, akan tetapi muatan yang berpindahlah yang harus diwaspadai. Tidak ada yang menjamin diri kita aman saat petir terjadi, karena nilai perbedaan potensial antar awan dan bumi banyak sekali faktor yang mempenagruhi besarnya. Bangunan rumah, tanah galian, halte bis, dan struktur lain tidak memberikan perlindungan yang pasti, malah bisa menjadi target sambaran petir.

Sambaran petir umumnya mengandung 300.000.000 volt listrik, cukup untuk menyalakan lampu neon 100 watt selama setahun penuh (National Weather Service,USA), woww! energi listrik yang besar sekali bukan?! Sayangnya, pemanfaatan sumber energi yang luar biasa ini belumlah bisa di pecahkan oleh para ilmuwan sampai saat ini, beberapa penelitian baru menyatakan sedikit keuntungan dan manfaat petir yaitu ketika terjadi proses ionisasi maka akan menghasilkan zat nitrat oksida atau istilah lainnya adalah nitrogen monoksida(NO) dimana molekul ini dalam ilmu kedokteran sangat penting untuk sirkulasi darah dan kesuburan tanaman.

Apa lagi ya yang bisa kita manfaatkan dari peristiwa petir???
Ada yang tau, share ya!

Selamat belajar, Never Give Up!
Share this article :
 

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Belajar Fisika Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger